ADS

Teater Indonesia Tahun 1940-An

Temua unsur kesenian dan kebudayaan pada kurun waktu penjajahan Jepang dikonsentrasikan untuk  mendukung pemerintahan totaliter Jepang. Segala daya kreasi seni secara sistematis diarahkan untuk menyukseskan pemerintahan totaliter Jepang. Namun demikian, dalam situasi yang sulit dan gawat serupa itu, dua orang tokoh, yaitu  Anjar Asmara  dan  Kamajaya  masih sempat berpikir bahwa perlu didirikan Pusat Kesenian Indonesia yang bertujuan membuat pembaharuan kesenian yang selaras dengan perkembangan zaman sebagai upaya untuk melahirkan kreasi  –  kreasi gres dalam wujud kesenian nasional Indonesia. Oleh alasannya yakni itu pada tanggal 6 oktober 1942, di rumah Bung Karno dibentuklah Badan Pusat Kesenian Indonesia dengan pengurus sebagai berikut, Sanusi Pane (Ketua), Mr. Sumanang (Sekretaris), dan sebagai anggota antara lain, Armijn Pane, Sutan Takdir Alisjabana, dan Kama Jaya.

Temua unsur kesenian dan kebudayaan pada kurun waktu penjajahan Jepang dikonsentrasikan un Teater Indonesia Tahun 1940-an
Armijn Pane
Badan Pusat Kesenian Indonesia bermaksud membuat kesenian Indonesia baru, di antaranya dengan jalan memperbaiki dan menyesuaikan kesenian tempat menuju kesenian Indonesia baru. Langkah-langkah yang telah diambil oleh Badan Pusat Kesenian Indonesia untuk mewujudkan harapan kemajuan kesenian Indonesia, ternyata mengalami kendala yang datangnya dari barisan propaganda Jepang, yaitu  Sendenbuyang membentuk tubuh perfilman dengan nama  Djawa Eiga Kosy’, yang dipimpin oleh orang Jepang S. Oya.  Intensitas kerja  Djawa Eiga Kosyayang ingin menghambat langkah Badan Pusat Kesenian Indonesia nampak ketika mereka membuka sekolah tonil dan drama Putra Asia, Ratu Asia, Pendekar Asia,  yang kesemuanya merupakan corong propaganda Jepang.

Dalam masa pendudukan Jepang kelompok rombongan sandiwara yang mula-mula berkembang yakni rombongan sandiwara profesional. Dalam kurun waktu ini semua bentuk seni hiburan yang berbau Belanda lenyap alasannya yakni pemerintah penjajahan Jepang anti budaya Barat. Rombongan sandiwara keliling komersial, menyerupai contohnya Bintang Surabaya, Dewi Mada, Mis Ribut, Mis Tjitjih, Tjahaya Asia, Warna Sari, Mata Hari, Pancawarna,  dan lain-lain kembali berkembang dengan mementaskan dongeng dalam bahasa Indonesia, Jawa, maupun Sunda.

Rombongan sandiwara Bintang Surabaya tampil dengan pemain drama dan aktris kenamaan, antara lain Astaman,  Tan Ceng Bok (Si Item), Ali Yugo, Fifi Young, Dahlia, dan sebagainya. Pengarang Nyoo  Cheong Seng, yang dikenal dengan nama samarannya Mon Siour D’amour  ini dalam rombongan sandiwara Bintang Surabaya menulis lakon antara lain,  Kris Bali, Bengawan Solo, Air Mata Ibu(sudah difilmkan),  Sija, R.A Murdiati,dan  Merah Delima. Rombongan Sandiwara Bintang Surabaya menyuguhkan pementasan-pementasan dramanya dengan cara usang menyerupai pada masa Dardanella, Komedi Bangsawan, dan Bolero, yaitu di antara satu dan lain babak diselingi oleh tarian-tarian, nyanyian, dan lawak. Secara istimewa selingannya lalu ditambah dengan mode show, dengan peragawati gadis-gadis Indo Belanda yang cantik-cantik .

Temua unsur kesenian dan kebudayaan pada kurun waktu penjajahan Jepang dikonsentrasikan un Teater Indonesia Tahun 1940-an
Tan Ceng Bok
Menyusul lalu muncul rombongan sandiwara Dewi Mada, dengan bintang-bintang eks Bolero, yaitu Dewi Mada  dengan suaminya Ferry Kok, yang sekaligus sebagai pemimpinnya. Rombongan sandiwara Dewi Mada lebih mengutamakan tari-tarian dalam pementasan teater mereka alasannya yakni Dewi Mada yakni penari populer semenjak masa rombongan sandiwaraBolero. Cerita yang dipentaskan antara lain, Ida Ayu, Ni Parini, danRencong Aceh.

Sampai dengan  tahun 1943 rombongan sandiwara hanya  dikelola pengusaha  Cina atau didanai Sendenbu alasannya yakni bisnis pertunjukan itu masih abnormal bagi para pengusaha Indonesia. Baru kemudian  Muchsinsebagai pengusaha besar tertarik dan membiayai rombongan sandiwara Warna Sari. Keistimewaan rombongan sandiwara  Warna Sari  yakni penampilan musiknya yang glamor yang dipimpin oleh Garsia,  seorang keturunan Filipina, yang populer sebagai  Raja Drum. Garsia menempatkan gugusan drumnya yang banyak sekali ukuran itu memenuhi lebih dari separuh panggung. Ia menabuh drum-drum tersebut sambil meloncat ke kanan  –  ke kiri sehingga menarik minat penonton. Cerita-cerita yang dipentaskan antara lain, Panggilan Tanah Air, Bulan Punama, Kusumahadi, Kembang Kaca, Dewi  Rani,  dan lain sebagainya.

Rombongan sandiwara populer lainnya yakni rombongan sandiwara Sunda Mis Tjitjih, yaitu rombongan sandiwara yang digemari rakyat jelata. Dalam perjalanannya, rombongan sandiwara ini terpaksa berlindung di bawah barisan propaganda Jepang dan berganti nama menjadi rombongan sandiwara Tjahaya Asia yang  mementaskan cerita-cerita gres untuk kepentingan propaganda Jepang.

Anjar Asmara,  Ratna Asmara, dan Kama Jaya pada tanggal 6 April 1943, mendirikan rombongan sandiwara angkatan muda Matahari. Hanya kalangan terpelajar yang menyukai pertunjukan Matahari yang menampilkan hiburan berupa tari-tarian pada awal pertunjukan,  gres lalu dihidangkan lakon sandiwara dari awal sampai akhir. Bentuk penyajian semacam ini dianggap kaku oleh penonton umum yang lebih suka unsur hiburan disajikan sebagai selingan babak satu dengan babak lain,  sehingga kesannya dengan terpaksa rombongan sandiwara tersebut mengikuti selera penonton. Lakon-lakon yang ditulis Anjar Asmara antara lain,  Musim Bunga  di Slabintana, Nusa Penida, Pancaroba, Si Bongkok, Guna-guna,  dan  Jauh di Mata. Kama Jaya menulis lakon antara lain, Solo di Waktu Malam, Kupu-kupu, Sang Pek Engtay, Potong Padi.  Dari semua lakon tersebut ada yang sudah di filmkan yaitu, Solo di Waktu Malam dan Nusa Penida.Pertumbuhan sandiwara profesional  tidak luput dari perhatian Sendenbu. Jepang menugaskan  Dr. Huyung  (Hei Natsu Eitaroo), andal seni drama atas nama Sendenbu memprakarsai berdirinya  POSD (Perserikatan Oesaha Sandiwara Djawa) yang beranggotakan semua rombongan sandiwara profesional. Sendenbu menyiapkan naskah lakon yang harus dimainkan oleh setiap rombongan sandiwara karangan penulis lakon Indonesia dan Jepang.  Kotot Sukardi  menulis lakon,  Amat Heiho, Pecah Sebagai Ratna, Bende Mataram,  Benteng Ngawi.  Hei Natsu Eitaroo menulis  Hantu,  lakon  Nora  karya  Henrik Ibsen  diterjemahkan dan judulnya diganti dengan  Jinak-jinak Merpati oleh  Armijn Pane. Lakon  Ibu Prajurit  ditulis oleh  Natsusaki Tani. Oleh alasannya yakni ada sensor Sendenbu maka lakon harus ditulis lengkap berikut dialognya. Para pemain dilarang menambah atau melebih-lebihkan dari apa yang sudah ditulis dalam naskah. Sensor Sendenbu malah menjadi titik awal dikenalkannya naskah dalam setiap pementasan sandiwara.

Menjelang selesai pendudukan Jepang muncul rombongan sandiwara yang melahirkan karya sastra yang berarti, yaitu  Penggemar Maya(1944) pimpinan Usmar Ismail, dan D. Djajakusuma dengan proteksi Suryo Sumanto, Rosihan Anwar, dan Abu Hanifah dengan para anggota cendekiawan muda, nasionalis dan para profesional (dokter, apoteker, dan lain-lain). Kelompok ini berprinsip menegakkan nasionalisme, humanisme dan agama. Pada ketika inilah pengembangan ke arah pencapaian teater nasional dilakukan. Teater tidak hanya sebagai hiburan tetapi juga untuk lisan kebudayaan menurut kesadaran nasional dengan harapan menuju humanisme dan religiositas dan memandang teater sebagai seni serius dan ilmu pengetahuan.  Teori teater  perlu dipelajari  secara serius, kelak,  oleh Penggemar Maya  menjadi pemicu  berdirinya  Akademi Teater NasionalIndonesia di Jakarta.

Temua unsur kesenian dan kebudayaan pada kurun waktu penjajahan Jepang dikonsentrasikan un Teater Indonesia Tahun 1940-an
Usmar Ismail

Subscribe to receive free email updates:

ADS