ADS

Teknik Roleplay Berbasis Teks

Teknik roleplay  merupakan pengembangan bentuk dari roleplaystatus, tugas dan konteks.  Roleplaystatus merupakan status yang disandang oleh tugas yang sedang dimainkan.  Roleplayperan ialah memainkan sesuai dengan tugas yang dimainkan.  Roleplaykonteks ialah memainkan tugas sesuai dengan konteks yang digariskan oleh cerita. Teknik  roleplaydilakukan sesuai dengan teknik. Teknik-teknik roleplayadalah:

a. Dibalik

    Teknik dibalik yaitu melakukan  roleplaydengan cara membalikkan status, tugas maupun konteks. Dengan teknik dibalik mempunyai konsekuensi dan metode bermain yang harus dipahami oleh calon pemain film atau pemain. Pembalikan akan mengasah keterampilan dan memperkaya pengalaman calon pemeran. Misalnya pemeran  dituntut untuk memainkan tugas dalam kisah yang mengharuskan kita memainkan tugas orang kaya, maka dikala tugas tersebut dibalik, maka pemain film akan memainkan tugas orang miskin, dan itu memerlukan analisis dan teknik bermain yang berbeda.

Teknik dibalik di roleplayakan melatih calon pemain film untuk fleksibel dan  plastisdalam memainkan peran. Peran dalam lakon ialah tugas hidup dan mempunyai kehidupan, maka untuk memainkan tugas pemain film harus mempunyai jiwa plastis. Fungsi lain teknik dibalik ialah untuk membiasakan calon pemain film untuk memainkan tugas apa saja dan tidak terjebak pada tugas yang steriotipatau sama. Calon pemain film lebih kreatif dalam memainkan tugas atau memainkan suasana lakon. Misalnya, dikala awal kisah memainkan tugas bodoh, dan pada perkembangan kisah tugas kolot itu menjadi berakal dan cerdas, maka pemain film harus sanggup memainkan tugas tersebut dengan wajar. Teknik  roleplaydibalik sanggup dipakai pada konteks cerita. Cerita lakon yang dimain tidak selamanya murung dari awal hingga final cerita, tapi juga mengalami perkembangan dan perubahan. Dengan teknik ini variasi kisah akan semakin banyak dan calon pemain film terbiasa main dengan konteks kisah yang berbeda.

b. Dikecilkan

    Teknik dikecilkan adalah  roleplayyang memain tugas dalam sebuah cerita, tetapi tugas tersebut diubah menjadi kecil. Dengan perubahan peran, maka diharapkan cara memainkan tugas sesuai dengan dimensi peran. Fungsi  roleplayini ialah untuk melatih imajinasi calon pemain film dalam memainkan tugas yang variatif, semoga calon pemain film tidak hanya memainkan tugas tertentu. Misalnya memain roleplaycerita ayam dan kera, ceritanya adalah: “Seekor Ayam dekat dengan seekor Kera. Namun persahabatan tidak berlangsung lama, alasannya kelakuan  si  Kera. petang simpanse mengajak ayam untuk berjalan-jalan. Ketika hari sudah Kera mulai merasa lapar, kemudian menangkap ayam dan mulai mencabuti bulunya. Ayam meronta-ronta dengan sekuat tenaga. Akhirnya, ia sanggup meloloskan diri. Ia lari sekuat tenaga. Untunglah tidak jauh dari kawasan itu ada kawasan kediaman Kepiting. Kepiting ialah teman sejati Ayam. Dengan tergopoh-gopoh ia masuk ke dalam lubang kediaman Kepiting. Disana ia disambut dengan gembira. Lalu Ayam menceritakan semua kejadian yang dialami, termasuk pengkhianatan Kera. Mendengar hal itu kesannya Kepiting tidak sanggup mendapatkan perlakuan Kera. Lalu ia menyusun siasat untuk memperdayai Kera. Mereka bersepakat mengundang Kera untuk pergi berlayar ke pulau seberang yang penuh dengan buah-buahan. Tetapi  bahtera yang akan mereka pakai ialah bahtera buatan sendiri dari tanah liat. Kemudian Ayam mengundang Kera untuk berlayar ke pulau seberang. Dengan semangat Kera segera menyetujui seruan itu. Beberapa hari berselang, mulailah perjalanan mereka. Ketika bahtera hingga ditengah laut, mereka kemudian berpantun. Ayam berkokok  "Aku lubangi ho!!!" Kepiting menjawab "Tunggu hingga dalam sekali!!"Setiap kali berkata begitu maka Ayam mematuk perahu. Akhirnya bahtera mereka bocor dan tenggelam. Kepiting dengan tangkas menyelam ke dasar laut. Ayam dengan gampang terbang ke darat. Tinggallah Kera yang meronta-ronta minta tolong. Karena tidak sanggup berenang kesannya ia pun mati tenggelam”. Cerita Ayam dan Keramempunyai 3 huruf peran, yaitu: Ayam, Kera dan Kepiting. Cerita ini dikembangkan sebagai materi roleplay. Pengembangan sanggup memakai kerangka yang sama dan perkara yang sama, tetapi huruf tugas diganti menjadi cucu kera, cucu ayam dan cucu kepiting. Setelah disusun ulang, kemudian dimainkan.

c. Dibesarkan

    Teknik dibesarkan ialah teknik  roleplayyang memainkan kisah dengan tugas yang dibesarkan. Teknik ini kebalikan dari teknik dikecilkan. Kalau  pada  teknik dikecilkan semua tugas yang dimainkan diubah menjadi kecil, maka pada teknik dibesarkan semua tugas dalam kisah diubah menjadi besar, bahkan tua. Teknik dibesarkan sanggup dibentuk variasi lain, contohnya tugas yang dimainkan sama tetapi hidup pada jaman yang serba besar (jaman dinosaurus). Misalnya memain  roleplaydengan cerita  Ayam dan Kera  menyerupai pada teknik dikecilkan, tugas yang dimainkan menjadi kakek kera, nenek ayam dan kakek kepiting. Variasi sanggup dengan kisah yang sama dan plot kisah yang sama tetapi kejadian terjadi pada jaman dinosaurus masih hidup. Teknik ini mempunyai kegunaan untuk melatih berimajinasi secara impulsif dan cara bicara serta bergerak sesuai dengan tugas yang diimajinasikan.

d. Diubah kisah

    Teknik diubah kisah ialah teknik  roleplayyang dilakukan dengan cara mengubah kisah yang dipakai sebagai materi roleplay. Dengan diubahnya kisah yang dimainkan di  roleplay, maka akan terjadi perubahan pada huruf tugas yang dimainkan. Perubahan akan mempengaruhi suasana yang terjadi dalam kisah lakon. Misalnya kisah “sangkuriang”  atau “Terjadinya Tangkuban Perahu”dari Jawa Barat. Cerita  sangkuriangadalah sangkuriang menyayangi ibunya dan ingin memperistrinya, tetapi ibunya menolak. Sangkuriang boleh menikahi ibunya, dengan syarat dibuatkan danau dengan cara membendung sungai Citarum dan  dilengkapi bahtera untuk menyeberang dalam waktu semalam. Diakhir cerita, sangkuriang tidak berhasil melaksanakan pekerjaan alasannya ulah dayang sumbi yang menggagalkan.

Dalam  roleplayini, yang dimainkan ialah kisah yang sudah ada dan dikenal pemain tetapi kisah tersebut dibalik. Misalnya kisah ”sangkuriang” atau “terjadinya Tangkuban Perahu” tetapi diakhir kisah dikisahkan sangkuriang berhasil membendung sungai Citarum lengkap dengan perahunya. Dengan pembalikan kisah ini maka membutuhkan interpretasi dan kreatifitas yang baru. Fungsi pembalikan kisah ialah untuk memunculkan kreavifitas dan semoga pemikiran tidak terbiasa dengan kebiasaan yang umum.

e. Disusun ulang

    Teknik disusun ulang ialah teknik roleplayyang dilakukan dengan cara menyusun ulang kisah yang dipakai sebagai materi roleplay. Proses penyusunan ulang berarti merekontruksi kisah yang ada dan berbagi kisah yang sudah ada. Dengan disusun ulang kisah yang dimainkan  pada  roleplay, maka akan terjadi perubahan situasi cerita. Perubahan ini akan mempengaruhi cara memainkan kisah lakon.

Misalnya materi kisah yang digunakan  pada  roleplay ialah kisah Ayam dan Kera, ceritanya adalah:“Seekor Ayam dekat dengan seekor Kera. Namun persahabatan tidak berlangsung lama, alasannya kelakuan si Kera. petang Kera mengajak Ayam berjalan-jalan. Ketika hari sudah petang Kera mulai merasa lapar, kemudian menangkap Ayam dan mulai mencabuti bulunya. Ayam meronta-ronta dengan sekuat tenaga. Akhirnya, ia sanggup meloloskan diri. Ia lari sekuat tenaga.  Untunglah tidak jauh dari kawasan itu  tertempat kawasan kediaman Kepiting. Kepiting ialah teman sejati Ayam. Dengan tergopoh-gopoh ia masuk ke dalam lubang kediaman Kepiting. Ia disambut dengan gembira. Lalu Ayam menceritakan kejadian yang dialami, termasuk pengkhianatan Kera. Mendengar hal itu Kepiting tidak sanggup mendapatkan perlakuan Kera. Lalu ia menyusun siasat untuk memperdayai Kera. Mereka bersepakat mengundang Kera untuk pergi berlayar ke pulau seberang yang penuh dengan buah. Perahu yang mereka pakai ialah bahtera buatan sendiri dari tanah liat. Kemudian Ayam mengundang Kera untuk berlayar ke pulau seberang. Dengan semangatnya Kera menyetujui seruan itu. Beberapa hari berselang, mulailah perjalanan mereka. Ketika bahtera hingga ditengah laut, mereka kemudian berpantun. Ayam berkokok  "Aku lubangi ho!!!" Kepiting menjawab  "Tunggu hingga dalam sekali!!"Setiap kali berkata begitu maka Ayam sambil mematuk perahu. Akhirnya bahtera mereka bocor dan tenggelam. Kepiting dengan tangkas menyelam ke dasar laut. Ayam dengan mudahnya terbang ke darat. Tinggallah Kera yang meronta-ronta minta tolong. Karena tidak sanggup berenang kesannya ia pun mati tenggelam”.

Cerita  Ayam dan Keramemiliki mempunyai tiga adegan, 1. Ayam dan Kera jalan-jalan kemudian Ayam mau dimakan Kera, 2. Ayam lari minta dukungan Kepiting kemudian berencana memberi pelajaran Kera, 3. Kera yang karam alasannya diberi pelajaran kepiting dan Ayam. Pada  roleplaydisusun ulang, adegan-adegan ini sanggup dimainkan mulai dari adegan apa saja dan tidak harus berurutan 1, 2, dan 3.

Subscribe to receive free email updates:

ADS