ADS

Pengertian Traktor Tangan Dan Pembagian Terstruktur Mengenai Traktor Tangan

Traktor pertanian didefinisikan sebagai suatu kendaraan  yang memiliki daya aktivis sendiri, minimum memiliki sebuah poros roda yang dirancang untuk menarik serta  menggerakan alat/mesin pertanian. Atas dasar bentuk dan  ukuran traktor, maka traktor pertanian sanggup dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu : traktor tangan,traktor mini dan traktor besar.

1)  Traktor tangan

Traktor tangan (hand tractor)  adalah sumber aktivis dari  implemen (peralatan) pertanian. Biasanya traktor tangan dipakai untuk mengolah tanah. Namun bahwasanya traktor tangan ini merupakan mesin yang serba guna, sebab sanggup dipakai untuk tenaga aktivis implemen yang lain, menyerupai : pompa air, alat prosesing, trailer, dan lain-lain.

Traktor tangan merupakan traktor pertanian yang hanya memiliki sebuah poros roda (beroda dua). Traktor ini berukuran panjang berkisar 1740  –  2290 mm, lebar berkisar 710  –  880 mm dan dayanya berkisar 6  –  10 HP. Sebagai daya aktivis utamanya memakai motor diesel silinder tunggal.

2)  Klasifikasi Traktor Tangan

Traktor tangan (hand tractor) merupakan sumber aktivis dari implemen (peralatan) pertanian. Biasanya traktor tangan dipakai untuk mengolah tanah. Namun bahwasanya traktor tangan ini merupakan mesin yang serba guna, sebab sanggup dipakai untuk tenaga  penggerak implemen yang lain, menyerupai : pompa air, alat prosesing, trailer, dan lain-lain.

Berdasarkan jenis materi bakar yang digunakan, traktor tangan sanggup dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :

  1. Traktor tangan berbahan bakar Solar
  2. Traktor tangan berbahan bakar bensin
  3. Traktor tangan berbahan bakar minyak tanah (kerosin)


Berdasarkan besarnya daya motor, traktor tangan sanggup dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :

  1. Traktor tangan  berukuran kecil, tenaga penggeraknya  kurang dari 5 hp.
  2. Traktor tangan berukuran sedang, tenaga  penggeraknya  antara 5 -   7 hp
  3. Traktor tangan berukuran besar, tenaga penggeraknya antara 7–12 hp


Catatan :
Traktor dengan materi bakar bensin dan minyak tanah biasanya berukuran kurang dari 7 hp. Jenis motor yang paling banyak dipakai traktor tangan di Indonesia ialah motor berbahan bakar solar.

Subscribe to receive free email updates:

ADS