ADS

Roleplay Berbasis Teks / Roleplay Yang Dimainkan Memakai Teks

Roleplay berbasis teks adalah  roleplay yang dimainkan dengan memakai teks yang telah dipersiapkan. Teks sanggup lakon utuh, kerangka lakon, belahan lakon, dan dongeng dari karya sastra lain. Teks lakon yang hendak dimainkan, sanggup ditulis dan disusun sendiri, tetapi sanggup juga ditulis dan disusun orang lain. Teks yang ditulis sendiri akan lebih gampang dimainkan daripada teks yang ditulis oleh orang lain. Kelemahan jika harus menulis teks sendiri ialah memerlukan waktu agak lama, dibandingkan memainkan teks orang lain. Langkah kerja memain  roleplayberbasis teks adalah: menyiapkan teks lakon, memahami kerangka cerita, memainkan teks lakon dan mengevaluasi permainan maupun teks lakon.

a.  Penyiapan teks lakon

Menyiapkan teks lakon yang akan dipakai sebagai materi roleplayadalah langkah kerja awal yang harus dilakukan oleh calon pemain drama secara individu maupun kelompok. Langkah kerja ini sangat penting, alasannya ialah langkah kerja awal sanggup memilih kelancaran dalam memainkan  roleplay.  Jika teks lakon ialah karya orang lain, maka langkah selanjutnya ialah memahami kerangka dongeng yang ada dalam teks lakon. Kelemahannya ialah pemeran  roleplayharus merekontruksi pedoman penulis lakon, semoga mendapat citra yang sesuai dengan pedoman penulis lakon. Sedang jika menulis teks lakon sendiri, akan lebih mudah, meski membutuhkan waktu agak lama. Dengan menulis teks lakon sendiri, akan sanggup mengakomodasi pemain drama yang ada, dan penyusunan tugas sanggup diubahsuaikan dengan calon pemain drama yang ada.

Pertimbangan yang harus dilakukan ketika memainkan teks lakon karya penulis lain adalah: bahagia atau tidak terhadap teks  lakon tersebut. Bisa dimainkan oleh seluruh pemeran  roleplayapa tidak. Apakah teks lakon merupakan teks lakon lengkap atau hanya kerangka teks lakon. Banyak hal yang perlu mendapat perhatian ketika memainkan teks lakon yang ditulis oleh penulis lain. Keuntungan ketika memainkan teks lakon yang ditulis oleh orang lain ialah tidak lagi memikirkan teks lakon dan latihan  roleplaybisa lebih cepat dimulai.

Teks lakon  roleplayyang ditulis sendiri dengan memanfaatkan pemain drama dan citra tugas sesuai dengan pemain drama disebut dengan teks lakon situasional atau sesuai dengan situasi yang ada. Beberapa langkah untuk menyiapkan teks sendiri adalah: memilih tema, memilih persoalan, menciptakan sinopsis atau ringkasan cerita, memilih kerangka cerita, memilih tokoh peran, memilih penyelesaian, dan menuliskan teks lakon.

Pada materi ini, teks lakon yang dimainkan ialah teks lakon yang ditulis oleh penulis lakon, bukan hasil menyusun teks lakon sendiri. Teks lakon berjudul  Pung…..? Pung…!  Karya Bakdi Soemanto. Teks lakon ini ialah belahan dan teks lakon yang dikarang oleh Bakdi Soemanto.


 roleplay yang dimainkan dengan memakai teks yang telah dipersiapkan Roleplay Berbasis Teks / Roleplay Yang Dimainkan Menggunakan Teks


 roleplay yang dimainkan dengan memakai teks yang telah dipersiapkan Roleplay Berbasis Teks / Roleplay Yang Dimainkan Menggunakan Teks





Teks lakon ini menjadi materi roleplayyang ditulis orang lain. untuk materi latihan  roleplaylain, susunlah teks lakon sendiri dengan materi yang ada disekitar lingkungan sekolah, rumah  atau  kawasan lain.

b.  Pemahaman kerangka dongeng

     Kerangka dongeng ialah keseluruhan struktur dongeng yang hendak dijadikan materi roleplay. Cerita terdiri dari beberapa bab yang terbentuk menjadi keseluruhan cerita.Ketika hendak memainkannya, langkah awal ialah memahami kerangka cerita. Kerangka dongeng terdiri dari adegan awal yang berfungsi sebagai pemikat minat penonton untuk menyaksikan kelanjutan dari cerita. Adegan tengah ialah adegan yang berisi wacana perseteruan antara protagonis dan antagonis. Adegan final berisi wacana penyelesaian atau tanggapan yang menjadi permasalahan antara tugas protagonis dan tugas antagonis.

   1. Tulis kerangka dongeng dari teks lakon yang telah dipilih tadi dan identifikasikan tugas protagonis dan antagonisnya. Tulis juga permasalahan dan penyelesaian dari teks lakon yang telah ditetapkan.

   2. Tulis kerangka yang telah anda tulis sendiri dan identifikasikan perannya. Tulis juga permasalahan dan penyelesaian dari teks lakon yang telah anda tuliskan.

c.  Memainkan teks lakon

     Teks lakon terdiri dari struktur dan tekstur lakon. Struktur lakon dibangun dengan tema, plot,  settingdan tokoh, sedang tekstur ialah segala sesuatu yang tampak dalam pementasan teks. Ketika membahas masalah tekstur lakon, maka sebetulnya membahas apa yang tampak pada waktu pementasan teks tersebut. Permainan tugas ialah salah satu bab tekstur yang paling menonjol, disamping artistik dan suasana permainan. Pemeran dan permainan merupakan unsur yang paling penting dalam tekstur lakon, alasannya ialah menggerakkan seluruh permainan maka perlu mendapat perhatian lebih.

Pelatihan dan perhatian terhadap pemain drama difokuskan pada penguasaan tugas yang dimainkan.  Roleplaysebagai salah satu media untuk pembinaan pemain drama dalam menguasai tugas sanggup digunakan. Roleplayberbasis teks ialah roleplayyang dilakukan menurut teks dongeng yang telah ditentukan. Bagi seorang calon pemeran, ketika menghadapi teks lakon permainan ialah menganalisis lakon dari sisi aksara peran. Analisis berfungsi untuk mengetahui citra tugas yang akan dimainkan. Setelah mendapat citra peran, langkah selanjutnya ialah melatih tugas hingga terkuasai dan sanggup memainkan dengan baik dan benar. Pelatihan calon pemain drama difokuskan pada memainkan roleplaystatus, roleplayperan, dan roleplay konteks.

   1. Mainkan  roleplaydengan teks yang ada menurut status yang ada.


 roleplay yang dimainkan dengan memakai teks yang telah dipersiapkan Roleplay Berbasis Teks / Roleplay Yang Dimainkan Menggunakan Teks


 roleplay yang dimainkan dengan memakai teks yang telah dipersiapkan Roleplay Berbasis Teks / Roleplay Yang Dimainkan Menggunakan Teks




   2. Mainkan roleplaydengan teks yang anda tuliskan menurut status yang ada.
   3. Mainkan  roleplaydengan teks yang ada menurut tugas yang ada.


 roleplay yang dimainkan dengan memakai teks yang telah dipersiapkan Roleplay Berbasis Teks / Roleplay Yang Dimainkan Menggunakan Teks


 roleplay yang dimainkan dengan memakai teks yang telah dipersiapkan Roleplay Berbasis Teks / Roleplay Yang Dimainkan Menggunakan Teks


 roleplay yang dimainkan dengan memakai teks yang telah dipersiapkan Roleplay Berbasis Teks / Roleplay Yang Dimainkan Menggunakan Teks



   4. Mainkan roleplaydengan teks yang anda tuliskan menurut tugas yang ada.
   5. Mainkan  roleplaydengan teks yang ada menurut konteks kiprahnya (hubungan antara peran). 


 roleplay yang dimainkan dengan memakai teks yang telah dipersiapkan Roleplay Berbasis Teks / Roleplay Yang Dimainkan Menggunakan Teks


 roleplay yang dimainkan dengan memakai teks yang telah dipersiapkan Roleplay Berbasis Teks / Roleplay Yang Dimainkan Menggunakan Teks




   6. Mainkan roleplaydengan teks yang anda tuliskan menurut status yang ada.
   7. Mainkan  roleplaydengan teks yang ada menurut tugas yang ada.


 roleplay yang dimainkan dengan memakai teks yang telah dipersiapkan Roleplay Berbasis Teks / Roleplay Yang Dimainkan Menggunakan Teks


 roleplay yang dimainkan dengan memakai teks yang telah dipersiapkan Roleplay Berbasis Teks / Roleplay Yang Dimainkan Menggunakan Teks





   8. Mainkan  roleplaydengan teks yang ada menurut konteks situasi.


 roleplay yang dimainkan dengan memakai teks yang telah dipersiapkan Roleplay Berbasis Teks / Roleplay Yang Dimainkan Menggunakan Teks


 roleplay yang dimainkan dengan memakai teks yang telah dipersiapkan Roleplay Berbasis Teks / Roleplay Yang Dimainkan Menggunakan Teks


 roleplay yang dimainkan dengan memakai teks yang telah dipersiapkan Roleplay Berbasis Teks / Roleplay Yang Dimainkan Menggunakan Teks




d.  Evaluasi permainan

     Evaluasi permainan sangat penting dilakukan, alasannya ialah dari penilaian sanggup memperbaiki kekurangan yang dilakukan pada dikala latihan. Evaluasi sebagai media untuk mengukur ketercapaian dan penguasaan materi yang pelajari. Misalnya sedang melaksanakan roleplayperan, apakah tugas sudah dimainkan dengan masuk akal dan logis?. Kalau belum, maka harus diperbaiki pada sesi selanjutnya. Pada penilaian juga didapatkan kemungkinan lain yang sanggup menyempurnakan permainan  roleplaydengan teks maupun penyempurnaan teks.

Setelah sesi penilaian dilakukan, maka permainan  roleplaydiulang sesuai dengan masukan pada sesi latihan. Perbaikan dilakukan pada teknik permainan dan metode penguasaan tugas yang dimainkan. Perbaikan dilakukan pada teks lakon yang dipakai sebagai bahan  roleplay. Evaluasi dilakukan berulang-ulang hingga mendapat hasil yang ditargetkan. Jika sudah sesuai target, maka  dilanjutkanmenyusun materi gres untuk roleplaybaru.

Subscribe to receive free email updates:

ADS