ADS

Jenis Alat Atau Mesin Penanam Dan Prinsip Kerja Alat Penanaman

Penanaman merupakan perjuangan penempatan biji atau benih di dalam tanah pada kedalaman tertentu atau membuatkan biji diatas permukaan  tanah atau menanamkan tanah didalam tanah. Hal ini dimaksudkan untuk mendapat perkecambahan serta pertumbuhan biji yang baik.

Penanaman sanggup dilakukan dengan memakai tangan saja, dengan proteksi alat-alat sederhana ataupun dengan proteksi mesin-mesin penanam. Dalam perkembangan alat dan mesin penanam ini dikenal dari bentuk yang sederhana atau tradisional hingga dalam bentuk yang modern.

Macam dan jenis alat/mesin penanam sanggup digolongkan menjadi 3 golongan menurut sumber tenaga atau tenaga penarik yang digunakan, yaitu:

  1. Alat penanam dengan sumber tenaga manusia 
  2. Alat penanam dengan sumber tenaga hewan 
  3. Alat penanam dengan sumber tenaga traktor 

Pada umumnya bahwa prinsip dasar kerja dari alat tanam yaitu sama,baik jenis yang didorong/ditarik tenaga manusia, ditarik binatang atau traktor.

Prinsip kerjanya yaitu sebagai berikut:

  1. Pembukaan alur atau lubang (khusus tugal) 
  2. Mekanisme penjatuhan benih 
  3. Penutupan alur atau lubang ( khusus tugal), Sesuai dengan pembelajaran ini wacana alat mesin pertanian, maka dalam buku yang akan dibahas yaitu jenis-jenis alat tanam yang digerakkan atau ditarik dengan mesin traktor, untuk alat tanam yang manual dan semi otomatis tidak akan dibahas dalam buku ini.

Subscribe to receive free email updates:

ADS