ADS

Latihan Improvisasi Pada Roleplay Improvisatoris

Latihan improvisasi yaitu melaksanakan improvisasi pengetahuan improvisasi yang telah dibahas. Pelaksanaannya dengan melaksanakan improvisasi tunggal, improvisasi dengan benda, improvisasi dengan suasana, improvisasi dengan bunyi, improvisasi dengan cerita, improvisasi berpasangan dan improvisasi berkelompok. Teknik yang dipakai dengan teknik kata-kata maupun teknik badan atau gerak.

a.  Improvisasi tunggal

     Improvisasi tunggal yaitu improvisasi yang dilakukan sendirian, tanpa peralatan, dan tanpa naskah lakon. Improvisasi dapat memakai kata-kata, gerak, atau keduanya. Latihan improvisasi tunggal dilakukan dengan :

  1. Improvisasi sendiri dengan imajinasi sendiri, Improvisasi ini dilakukan sendirian dalam suasana dan situasi yang dirancang sendiri tanpa proteksi siapapun. Setelah melaksanakan improvisasi, gres dijelaskan pada pembimbing. 
  2. Improvisasi sendiri dengan rangsang arahan sederhana, Improvisasi ini dilakukan sendirian dan dilakukan dengan proteksi rangsang dari pembimbing. Rangsang improvisasinya sangat sederhana, contohnya suasana dan daerah yang dihadapi oleh calon pemeran. Suasana dan daerah yang dihadapi tidak diberikan secara detail. 
  3. Improvisasi sendiri dengan rangsang arahan lebih detail, Improvisasi ini dilakukan sendirian dan dilakukan dengan proteksi rangsang dari pembimbing. Rangsang improvisasi yang diberikan sudah lebih detail, contohnya suasana sedang hujan lebat, topan di lereng gunung  dandalam keadaan lapar. 

b.  Improvisasi dengan benda

     Improvisasi dengan benda yaitu improvisasi yang dilakukan dengan rangsangan benda atau perabot yang ada disekitar daerah latihan. Improvisasi dilakukan dengan proteksi pembimbing atau sahabat latihan improvisasi. Fungsi dari proteksi pembimbing atau sahabat latihan yaitu untuk mengambarkan benda apa yang dipakai untuk materi improvisasi dan calon pemain drama menanggapi benda yang ditunjukkan. Misalnya benda itu yaitu kursi.

  1. Lakukan improvisasi dengan bangku dihadapan anda. 
  2. Lakukan improvisasi dengan bangku dihadapan anda dan bangku itu yaitu bangku kesayangan dan orang lain dihentikan menyentuh. 
  3. Lakukan improvisasi dengan bangku dihadapan anda dan bangku itu yaitu bangku terdakwa dalam ruang pengadilan dan siapa saja yang menduduki bangku tersebut, maka eksekusi mati harus diterima. 

c.  Improvisasi dengan suasana

     Improvisasi dengan suasana yaitu improvisasi yang dilakukan dangan suasana yang diberikan oleh pembimbing sebagai sumber rangsangan. Latihan yang dilakukan adalah:

  1. Lakukan improvisasi dalam suasana pesta ulang tahun teman, tetapi anda tidak diundang.
  2. Lakukan improvisasi dalam suasana pemakaman dan yang dimakamkan yaitu sahabat karib.
  3. Lakukan improvisasi dalam suasana anda sedang mengalami kecelakaan sehingga menciptakan sahabat anda luka parah. 

d.  Improvisasi dengan bunyi

     Improvisasi dengan suara yaitu bentuk improvisasi yang memakai suara sebagai sumber rangsang. Latihan yang dilakukan yaitu dengan cara merespon suara tersebut:

  1. Dengarkan suara musik dangdut dan responlah suara tersebut.
  2. Dengarkan suara musik  mars,  respon dan tanggapi musik tersebut. 
  3. Dengarkan suara keributan yang dihasilkan oleh alat listrik pertukangan.

e.  Improvisasi dengan cerita

     Improvisasi dengan dongeng yaitu improvisasi yang pelaksanaannya memakai rancangan dongeng (hanya kerangka dongeng sebagai materi rangsang improvisasi). Latihan dengan memakai dongeng rancangan sendiri, dongeng dari rancangan orang lain, dan dongeng rancangan bersama.

  1. Rancanglah sebuah dongeng sederhana yang terdiri dari pemaparan, konflik dan penyelesaian. Cerita tersebut dengan tugas tunggal. Mainkan rancangan tersebut. 
  2. Rancanglah sebuah dongeng sederhana yang terdiri dari pemaparan, konflik dan penyelesaian. Cerita tersebut dengan dua peran. Mainkan rancangan tersebut dengan sahabat anda. 
  3. Rancanglah sebuah dongeng sederhana yang terdiri dari pemaparan, konflik dan penyelesaian. Cerita tersebut dengan tugas tidak lebih dari empat peran. Mainkan rancangan tersebut.
  4. Mainkan rancangan dongeng yang dibentuk sahabat anda, terlebih dahulu analisis rancangan dongeng untuk mengetahui alur dongeng dan tugas yang ada dalam dongeng tersebut. 
  5. Rancanglah sebuah dongeng bersama dengan sahabat anda, dongeng tersebut terdiri dari pemaparan, konflik dan penyelesaian. Mainkan rancangan dongeng tersebut. 

f.  Improvisasi berpasangan

    Improvisasi berpasangan yaitu improvisasi yang dilakukan oleh dua orang. Latihan dilakukan dengan cara:

  1. Lakukan improvisasi dengan sahabat anda, tetapi memainkan rancangan sendiri-sendiri, anda dengan rancangan sendiri dan sahabat anda dengan rancangan sendiri.
  2. Lakukan improvisasi berdua dengan sahabat anda, tetapi sahabat anda hanya masuk pada tamat improvisasi anda.
  3. Lakukan improvisasi dengan sahabat anda dengan memainkan dongeng sederhana. 

g.  Improvisasi berkelompok

     Improvisasi kelompok yaitu improvisasi yang dilakukan oleh beberapa orang dengan memainkan hasil karangan sendiri-sendiri dan disatukan dalam improvisasi. Latihan dilakukan dengan cara:

  1. Lakukan improvisasi dengan beberapa sahabat anda, dan daerah insiden berada di taman kota.
  2. Lakukan improvisasi dengan beberapa sahabat anda, dan masing-masing memainkan tugas tertentu yang sejenis 
  3. Lakukan improvisasi dengan beberapa sahabat anda dan memainkan tugas sendiri hingga menjadi satu dongeng yang utuh. 

Subscribe to receive free email updates:

ADS